ARTIFICIAL
INTELIGENCE
Sebelum mengetahui seperti apa kecerdasan
buatan itu, Yang harus kita ketahui terlebih dahulu adalah pengertiannya. Berikut
ini penulis berikan pengertan dari beberapa ahli :
1. Pengertian Kecerdasan Buatan
Menurut Alan Turing (1996) : “suatu perilaku sebuah mesin yang jika
dikerjakan oleh manusia akan disebut cerdas”.
2. Menurut John McCarthy, 1956,
AI, adalah untuk mengetahui dan memodelkan proses-proses berpikir manusia dan
mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia.
3. H.
A. Simon [1987] menyatakan bahwa Kecerdasan buatan adalah Mekanisme
berfikir manusia dapat secara tepat dimodelkan dan disimulasikan pada komputer
digital merupakan landasan dasar Kecerdasan Buatan.
4. Rich
and Knight, 1991. mendefinisikan AI Sebagai Sebuah studi tentang
bagaimana membuat komputer mengerjakan sesuatu yang dapat dikerjakan manusia.
5. Menurut Encyclopedia Britannica
: Kecerdasan Buatan (AI)
merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan.
merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan.
6. Menurut Ir.Balza Achmad,
M.Sc.E, 2006 : Kecerdasan buatan itu sesuatu yang diciptakan oleh manusia,
untuk menggantikan manusia.
7. Neui,
2004, mengungkapkan
bahwa AI adalah sebuah disiplin ilmu yang tujuannya adalah untuk menciptakan
sistem komputer yang bisa belajar, bereaksi dan membuat keputusan dalam
lingkungan yang berubah-ubah dan kompleks.
8. Menurut Moursad, 2006, AI
merupakan bagian dari ilmu komputer dan informasi yang berfokus pada
perkembangan perangkat keras (hardware) dan lunak (software) yang dapat
memecahkan masalah dan menyelesaikan tugas yang jika dilakukan oleh manusia
dianggap sebagai sebuh tampilan kecerdasan.
9. Menurut Haag and Keen, AI
adalah bidang studi yang berhubungan dengan penangkapan, pemodelan dan
penyimpanan kecerdasan manusia dalam sebuah sistem teknologi informasi sehingga
sistem tersebut dapat memfasilitasi proses pengambilan keputusan yang biasanya
dilakukan oleh manusia.
10. Menurut Nilson (2009), AI
adalah semua yang ditujukan untuk membuat sebuah mesin yang cerdas dimana
kecerdasan adalah kualitas yang memungkinkan suatu entitas dapat berfungsi
secara tepat dan dengan pandangan terdepan di dalam lingkungannya,
11. Luger dan Stubblefield (1993) Artificial Intelligence adalah cabang ilmu komputer yang berhubungan dengan otomasi
perilaku yang cerdas.
sehingga dapat penulis simpulkan bahwa AI adalah suatu cabang ilmu yang bertujuan untuk memindahkan kecerdasan alami manusia kepada mesin dengan proses komputasi untuk membantu pekerjaan manusia.
sehingga dapat penulis simpulkan bahwa AI adalah suatu cabang ilmu yang bertujuan untuk memindahkan kecerdasan alami manusia kepada mesin dengan proses komputasi untuk membantu pekerjaan manusia.
Tujuan kecerdasan buatan :
Winston dan Prendergast (Tuban, McLean dan Wetherbe, 1990) berpendapat bahwa tujuan
kecerdasan buatan adalah :
1.
Membuat mesin lebih pintar
2.
Memahami kecerdasan
3.
Membuat mesin lebih berguna
Sejarah AI
Istilah AI
pertama kali dikemukakan pada tahun 1956 di Konferensi Darthmouth. Sejak saat
itu, AI terus dikembangkan sebab berbagai penelitian mengenai teori-teori dan
prinsip-prinsipnya juga terus berkembang. Meskipun istilah AI baru muncul tahun
1956, tetapi teori-teori yan gmengarah ke AI sudah muncul sejak tahun 1941.
Berikut tahapan-tahapan sejarah perkembangan AI :
1. Era Komputer Elektronik (1941)
Pada tahun 1941
telah ditemukan alat penyimpanan dan pemrosesan informasi. Penemuan tersebut
dinamakan komputer elektronik yang dikembangkan di USA dan Jerman. Komputer
pertama ini memerlukan ruangan yang luas dan ruang AC yang terpisah. Saat itu
komputer melibatkan konfigurasi ribuan kabel untuk menjalankan suatu program.
Hal ini sangat merepotkan para programmer.
Pada tahun
1949, berhasil dibuat komputer yang mampu menyimpan program sehingga membuat
pekerjaan untuk memasukkan program menjadi lebih mudah. Penemuan ini menjadi
dasar pengembangan program yang mengarah ke AI.
2.
Masa Persiapan AI (1943 – 1956)
Pada tahun
1943, Warren McCulloch dan Walter Pitt mengemukakan tiga hal : pengetahuan
fisiologi dasar dan fungsi sel syaraf dalam otak, analisa formal tentang logika
proposisi, dan teori komputasi Turing. Mereka berhasil membuat suatu model sel
syaraf tiruan di mana setiap sel syaraf digambarkan sebagai ‘on’ dan ‘off’.
Mereka menunjukkan bahwa setiap fungsi dapat dihitung dengan suatu jaringan sel
syaraf dan bahwa semua hubungan logis dapat diimplementasikan dengan struktur
jaringan yang sederhana.
Pada tahun
1950, Nobert Wiener membuat penelitian mengenai prinsip-prinsip teori feedback.
Contoh yang terkenal adalah thermostat. Penemuan ini juga merupakan awal dari
perkembangan AI.
Pada tahun
1956, John McCarthy meyakinkan Minsky, Claude Shannon dan Nathaniel Rochester
untuk membantunya melakukan penelitian dalam bidan Otomata, Jaringan Syaraf dan
pembelajaran intelijensia. Mereka mengerjakan proyek ini selama 2 bulan di
Dartsmouth. Hasilnya adalah program yang mampu berpikir non-numerik dan
menyelesaikan masalah pemikira, yang dinamakan Principia Mathematica. Hal ini
menjadikan McCarthy disebut sebagai Father of AI (Bapak AI).
3. Awal Perkembangan AI (1952 – 1969)
Pada
tahun-tahun pertama perkembangannya, AI mengalami banyak kesuksesan. Diawali
dengan kesuksesan Newell dan Simon dengan ssebuah program yang disebut General
Problem Solver. Program ini dirancang untuk memulai penyelesaian masalah secara
manusiawi.
Pada tahun
1958, McCarthy di MIT AI Lab Memo No.1 mendefinisikan bahasa pemrograman
tingkat tinggi yaiyu LISP, yang sekarang mendominasi pembuatan program-pogram
AI. Kemudian, McCarthy membuat program yang dinamakan Programs with Common
Sense. Di dalam program tersebut, dibuat rancangan untuk menggunakan
pengetahuan dalam mencari solusi.
Pada tahun
1959, Nathaniel Rochester dari IBM dan mahasiswa-mahasiswanya mengeluarkan
program AI yaitu Geometry Theorm Prover. Program ini dapat mengeluarkan suatu
teorema menggunakan aksioma-aksioma yang ada.
Pada tahun
1963, program yang dibuat James Slagle mampu menyelesaikan masalah integral
tertutup untuk mata kuliah Kalkulus.
Pada tahun
1986, program analogi buatan Tom Evan menyelesaikan masalah analogi geometris
yang ada pada tes IQ.
4. Perkembangan AI Melambat (1966 – 1974)
Perkembangan
AI melambat disebabkan adanya 3 kesulitan utama yang dihadapi AI, yaitu :
- Program-program AI yang bermunculan hanya mengandung sedikit atau bahkan tidak mengandung sama sekali pengetahuan (knowledge) pada subjeknya. Programm-program AI berhasil hanya karena manipulasi sederhana. Sebagai contoh adalah Weizenbaum’s ELIZA program (1965) yang dapat melakukan percakapan serius pada berbagai topic, sebenarnya hanyalah peminjaman manipulasi kalimat-kalimat yang diketikkan manusia.
- Banyak masalah yang harus diselesaikan oleh AI.
- Ada beberapa batasan pada struktur dasar yang digunakan untuk menghasilkan perilaku intelijensia.
5. Sistem Berbasis Pengetahuan (1969 – 1979)
Pengetahuan
adalah kekuatan pendukung AI. Hal ini dibuktikan dengan program yang dibuat
oleh Ed Feingenbaum, Bruce Buchanan dan Joshua Lederberg yang membuat program
untuk memecahkan masalah struktur molekul dari informasi yang didapatkan dari
spectrometer massa. Program ini dinamakan Dendral Programs yang berfokus pada
segi pengetahuan kimia. Dari segi diagnose medis juga sudah ada yang
menemukannya, yaitu Sau Amarel dalam proyek Computer in Biomedicine. Proyek ini
diawali keinginan untuk mendapatkan diagnose penyakit berdasarkan pengetahuan
yang ada pada mekanisme penyebab proses penyakit.
6. AI Menjadi Sebuah Industri (1980 – 1988)
Industrialisasi
AI diawali dengan ditemukannya system pakar yang dinamakan R1 yang mampu
mengkonfigurasi system-sistem computer baru. Program tersebut mulai
dioperasikan di Digital Equipment Corporation (DEC), McDermott, pada tahun
1982.
Pada tahun
1986, R1 telah berhasil menghemat US$ 40 juta per tahun.
Pada tahun
1988, kelompok AI di DEC menjalankan 40 sistem pakar. Hampir semua perusahaan
besar di USA mempunyai divisi AI. Sehingga perusahaan yang sejak tahun 1982
hanya menghasilkan beberapa juta US dolar per tahun meningkat menjadi 2 milyar
US dolar per tahun pada tahun 1988.
7. Kembalinya Jaringan Syaraf Tiruan (1986 – sekarang)
Meskipun
bidang ilmu computer menolak jaringan syaraf tiruan setelah diterbitkannya buku
“Perceptrons” karangan Minsky dan Papert, tetapi para ilmuwan masih mempelajari
bidang ilmu tersebut dari sudut pandang yang lain yaitu fisika. Para ahli
fisika seperti Hopfield (1982) menggunakan teknik-teknik mekanika statistika
untuk menganalisa sifat-sifat pentimpanan dan optimasi pada jaringan syaraf.
Para ahli psikologi, David Rumelhart dan Geoff Hinton, melanjutkan penelitian
mengenai model jaringan syaraf tiruan pada memori.
Pada tahun
1985-an setidaknya empat kelompok riset menemukan kembali algoritma belajar
propagasi balik (Black-Propagation Learning). Algoritma ini berhasil
diimplementasikan ke dalam bidang ilmu computer dan psikologi.
8. AI Saat Ini
Dengan semakin
pesatnya perkembangan hardware dan software, berbagai produk AI telah berhasil
dibangun dn digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Di sini, produk-produk
tersebut dikelompokkan ke dalam empat teknik yang ada di AI, yaitu searching,
reasoning, planning, dan learning.
Sub Disiplin Ilmu dalam Artificial
Intelligence
1) SISTEM
PAKAR
Sistem pakar atau expert adalah program penasehat berbasis komputer yang mencoba meniru proses berpikir dan pengetahuan dari seorang pakar dalam menyelesaikan masalah-masalah spesifik.
Contoh program sistem pakar adalah ELIZA. Suatu program komputer yang mampu berkomunikasi dan bisa menanggapi manusia dengan menggunakan bahasa sehari-hari yang dikembangkan oleh Joseph Weizenbaum , 1966.
Sistem pakar atau expert adalah program penasehat berbasis komputer yang mencoba meniru proses berpikir dan pengetahuan dari seorang pakar dalam menyelesaikan masalah-masalah spesifik.
Contoh program sistem pakar adalah ELIZA. Suatu program komputer yang mampu berkomunikasi dan bisa menanggapi manusia dengan menggunakan bahasa sehari-hari yang dikembangkan oleh Joseph Weizenbaum , 1966.
2) Pengolahan
bahasa alami (natural language processing). Dengan pengolahan bahasa alami ini diharapkan
user dapat berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan bahasa sehari-hari.
3) Pengenalan
ucapan (speech recognition). Melaluli pengenalan ucapan diharapakan
manusia dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara.
4) Robotik
dan sistem sensor. Sistem sensor, seperti sistem vision, sistem tactile,
dan sistem pemrosesan sinyal jika dikombinasikan dengan AI, dapat dikategorikan
kedalam suatu sistem yang luas yang disebut sistem robotik.
5) Computer
Vision,
mencoba untuk dapat
menginterpretasikan gambar atau obyek-obyek tampak melalui komputer.
menginterpretasikan gambar atau obyek-obyek tampak melalui komputer.
6) Intelligent
Computer aid Instruction. Komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat
melatih dan mengajar.
7) Game
Playing
adalah bidang AI yang dibuat dalam permainan. misalnya permainan catur.
Kelebihan dan Kelemahan Artificial Intelligence
Keuntungan Kecerdasan
Buatan :
- Kecerdasan buatan lebih bersifat permanen. Kecerdasan alami akan cepat mengalami perubahan. Hal ini dimungkinkan karena sifat manusia yang pelupa. Kecerdasan buatan tidak akan berubah sepanjang sistem komputer dan program tidak mengubahnya.
- Kecerdasan buatan lebih mudah diduplikasi dan disebarkan. Mentransfer pengetahuan manusia dari satu orang ke orang lain butuh proses dan waktu lama. Disamping itu suatu keahlian tidak akan pernah bisa diduplikasi secara lengkap. Sedangkan jika pengetahuan terletak pada suatu sistem komputer, pengetahuan tersebuat dapat ditransfer atau disalin dengan mudah dan cepat dari satu komputer ke komputer lain
- Kecerdasan buatan lebih murah dibanding dengan kecerdasan alami. Menyediakan layanan komputer akan lebih mudah dan lebih murah dibanding dengan harus mendatangkan seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam jangka waktu yang sangat lama.
- Kecerdasan buatan bersifat konsisten. Hal ini disebabkan karena kecerdasan busatan adalah bagian dari teknologi komputer. Sedangkan kecerdasan alami senantiasa berubah-ubah.
- Kecerdasan buatan dapat didokumentasikan. Keputusan yang dibuat komputer dapat didokumentasikan dengan mudah dengan melacak setiap aktivitas dari sistem tersebut. Kecerdasan alami sangat sulit untuk direproduksi.
- Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat dibanding dengan kecerdasan alami
- Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih baik dibanding dengan kecerdasan alami.
Keuntungan kecerdasan
alami:
- Kreatif. Kemampuan untuk menambah ataupun memenuhi pengetahuan itu sangat melekat pada jiwa manusia. Pada kecerdasan buatan, untuk menambah pengetahuan harus dilakukan melalui sistem yang dibangun
- Kecerdasan alami memungkinkan orang untuk menggunakan pengalaman secara langsung. Sedangkan pada kecerdasan buatan harus bekerja dengan input-input simbolik
- Pemikiran manusia dapat digunakan secara luas, sedangkan kecerdasan buatan sangat terbatas.
Lingkup AI pada aplikasi
a. Aplikasi
di bidang kesehatan/kedokteran
algoritma genetika yang
memungkinkan simulasi proses evolusi dan rekayasa genetika diuji coba tanpa
memerlukan “korban” makhluk hidup, pencocokan DNA untuk mengidentifikasi
identitas seseorang.
b. Aplikasi
di bidang industri/manufaktur
Contohnya adalah simulasi komputer untuk ujicoba atas rancangan sistem baru Industri dan penggunaan mesin.
Contohnya adalah simulasi komputer untuk ujicoba atas rancangan sistem baru Industri dan penggunaan mesin.
c. Aplikasi
di bidang komunikasi
contoh aplikasi di bidang
komunikasi adalah facebook, aplikasi
chatting seperti we chat.
d. Aplikasi
di bidang lalu lintas udara
ATC atau yang disebut dengan air traffic controller juga berperan dalam pengaturan kelancaran arus lalu lintas, membantu pilot dalam mengendalikan keadaan darurat, memberikan informasi yang dibutuhkan pilot (seperti informasi cuaca, informasi navigasi penerbangan, dan informasi lalu lintas udara).
ATC atau yang disebut dengan air traffic controller juga berperan dalam pengaturan kelancaran arus lalu lintas, membantu pilot dalam mengendalikan keadaan darurat, memberikan informasi yang dibutuhkan pilot (seperti informasi cuaca, informasi navigasi penerbangan, dan informasi lalu lintas udara).
e. Aplikasi
di bidang pertanian
contohnya : SIPADI (sistem pakar budidaya padi) merupakan software (perangkat lunak) dalam bentuk kuisioner ms excel yang bermanfaat sebagai analisis budidaya tanaman padi.
contohnya : SIPADI (sistem pakar budidaya padi) merupakan software (perangkat lunak) dalam bentuk kuisioner ms excel yang bermanfaat sebagai analisis budidaya tanaman padi.
Daftar pustaka :
http://ariefrahmansyah.wordpress.com/2013/03/14/sejarah-articial-intelligence-ai/
etc.
http://ariefrahmansyah.wordpress.com/2013/03/14/sejarah-articial-intelligence-ai/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar